Rabu, 27 Mei 2009

First Game at DBL event


[ Senin, 30 Juni 2008 ]
Unggul Postur, Spones Melaju
Tim cowok SMPN 1 Sidoarjo berhasil memaksimalkan keunggulan postur mereka. Pada laga keempat di GOR Basket Kampus C Unair kemarin (29/6), Spones -julukan SMPN 1 Sidoarjo­- sukses menang 33-23 atas SMP Santo Carolus Surabaya. Kemenangan tersebut membuat Spones melaju ke babak utama Honda DBL 2008.

Pertandingan antara Spones dan SanCar -julukan Santo Carolus- berlangsung menarik sejak awal. Kedua tim menerapkan pola permainan yang sangat berbeda.

Mengandalkan keunggulan postur, Spones lebih banyak bermain di bawah ring, mengandalkan center bernomor punggung 15, Andaru Dimas. Beberapa kali para pemain Spones juga berani melepaskan tembakan jarak jauh. Pola pemikiran mereka, jika tembakan jarak jauh gagal, masih ada Andaru yang siap melakukan rebound dan mencetak poin.

SanCar yang menang dalam kecepatan langsung coba melakukan tusukan-tusukan kilat lewat sang kapten Timotius Reinaldo dan guard Jeviano Handra.

Ketika babak pertama sudah berjalan separo, Spones berhasil memimpin dengan skor 10-6. Keunggulan postur Spones ternyata juga membuat SanCar kesulitan mencetak poin. Akibatnya, di akhir babak pertama, Spones makin menjauh 19-6.

Memasuki babak kedua, SanCar coba mengejar ketinggalan. Namun, SanCar terlalu bertumpu pada aksi-aksi Reinaldo dan Jeviano. Ketika peluit akhir pertandingan, SanCar harus mengakui keunggulan Spones, 23-33.

"Kami benar-benar kalah postur. Sulit sekali mendekat ke ring lawan," ujar Kurniawan Chandra, coach SanCar. Sebenarnya, Kurniawan telah berusaha membendung lawan dengan mengencangkan defense. Dia mengubah strategi pertahanan menjadi man-to-man. "Akhir babak kedua, pemain yang saya masukkan juga shooter semua. Sayang, nggak berhasil. Selisih skor sudah terlalu jauh," paparnya.

"Plong rasanya bisa lolos. Lawan sebenarnya punya skill hebat. Tapi, sepertinya terlalu individu," ujar Andaru Dimas, center yang kemarin mencetak double-double, 14 poin dan 14 rebound. (rum/dat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar